PLN Beli Listrik dari Pembangkit Berbasis Ampas Tebu di Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 18:18 WIB
Pemanfaatan limbah ampas tebu menjadi pembangkit listrik akan segera dirasakan masyarakat Kediri. PT PLN Jatim sepakat membeli listrik yang dihasilkan dari limbah PTPN X, PG Pesantren Baru Kediri.
Peninjauan pembangkit listrik dari ampas tebu di Kediri/Foto: Andhika Dwi

Sebelum penandatanganan PJBL, acara diawali dengan sambutan Direktur Utama PTPN X dan dilanjutkan dengan site visit di PG Pesantren Baru untuk meninjau kesiapan alat excess power.

Sementara General Manager Unit Distribusi Jatim Bob Saril menjelaskan, ini merupakan sinergi yang baik dalam hal energi baru terbarukan untuk bangsa. Bukan hanya PTPN dan PLN saja, namun untuk ditampung dan dibeli oleh masyarakat.


"Saya mohon dukungan dari seluruh pihak, baik karyawan PTPN X maupun PT PLN (Persero) agar dapat memberikan kontribusi secara maksimal dalam proyek ini. Sehingga apa yang sudah kita sepakati bersama dapat terlaksana dengan baik. Apalagi ini sinergitas yang baik antara BUMN PTPN dan PLN. Khususnya energi baru terbarukan," ujar Bob Saril.

Nantinya, energi listrik ini akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan warga di Kabupaten Kediri dan Kota Kediri. Acara ini dihadiri juga oleh Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali, Haryanto WS serta EVP Operasi Bisnis Regional Jawa Timur, Madura dan Bali, Paraining.

Halaman

(sun/bdh)