Mahfud MD Ingatkan Pelajaran tentang Kematian di Pemakaman Gus Sholah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 18:01 WIB
Menkopolhukam di pemakaman Gus Sholah
Menkopolhukam Mahfud MD di pemakaman Gus Sholah (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jombang -

Menkopolhukam Mahfud MD juga mendapat kesempatan memberi sambutan di pemakaman KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Menurut dia, ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari wafatnya Gus Sholah. Yaitu selalu mengingat kematian.

Mahfud mengatakan, wafatnya Gus Sholah membuat Bangsa Indonesia kehilangan tokoh besar yang selama ini menjadi panutan. Menurut dia, adik kandung Gus Dur itu semasa hidupnya mampu memberi solusi untuk berbagai persoalan bangsa.

"Wafatnya Gus Sholah sekurang-kurangnya memberi pelajaran kepada kita terhadap apa yang sering dikatakan beliau bahwa apapun yang kita miliki yang sifatnya duniawi pada akhirnya akan kita tinggalkan," kata Mahfud dalam sambutannya di makam keluarga Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, Senin (3/2/2020).

Ia menjelaskan, akan tiba masa setiap manusia akan menghadap Allah SWT di padang mahsyar. Saat momen tersebut tiba, tidak ada satu pun yang bisa menolong manusia selain menghadap Allah SWT dengan hati yang damai.

"Kata Allah SWT akan tiba hari kita akan menghadap pada Allah SWT. Tidak bisa menolong hartamu, tidak bisa menolong anak-anak dan keluargamu. Yang bisa menolong adalah jika engkau menghadap Allah SWT dengan hati yang damai," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2