Tangis Khofifah Pecah saat Beri Sambutan di Pemakaman Gus Sholah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 16:43 WIB
gubernur khofifah sambutan di pemakaman Gus Sholah
Khofifah beri sambutan di pemakaman Gus Sholah (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jombang -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tak kuasa menahan tangis saat melantunkan doa di depan makam KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Ketum PP Muslimat NU ini pun memohon agar almarhum didoakan agar dicintai Allah SWT dan masuk ke surgaNya.

"Panjenengan dipanggil Alloh, semoga masuk ke dalam syurganya Alloh," kata Khofifah sembari mengangkat kedua tangannya, Senin (3/2/2020).

Khofifah memang sangat dekat dengan Gus Sholah. Dalam berbagai kesempatan, Khofifah menyempatkan diri bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang tersebut. Khofifah sudah menganggap Gus Sholah sebagai orang tuanya sendiri.

Bagi Khofifah, Gus Sholah merupakan seorang pejuang. Tebuireng yang sekarang mempunyai banyak cabang merupakan hasil perjuangan Gus Sholah. Gus Sholah ingin memberi ruang pendidikan dalam ilmu kebangsaan, agama, sosial kemasyarakatan tidak hanya tersentral di Jombang saja.

Khofifah bersyukur mendapat ilmu yang banyak dari Gus Sholah, Khofifah bercerita sering mendampingi Gus Sholah dalam pertemuan-pertemuan dengan kalangan-kalangan penting dan akademisi.

Gus Sholah Wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 20.55 WIB. Pengasuh Ponpes Tebuireng itu sempat kritis setelah menjalani operasi jantung, Jumat (31/1). Jenazahnya dimakamkan tepat di sebelah utara makam ayahnya, KH Wahid Hasyim.

Simak Video "Doa Ribuan Petakziah Antar Gus Sholah ke Peristirahatan Terakhir"

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)