Sidak Pasar Wonokromo, Mendag Temui Harga Cabai dan Gula Naik

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 09:35 WIB
Mendag sidak pasar wonokromo
Mendag sidak Pasar Wonokromo (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Wonokromo Surabaya. Usai sidak, Agus mendapati harga cabai dan gula yang naik.

Dari pantauan detikcom, gula pasir di Pasar Wonokromo harganya mencapai Rp 13.000 hingga Rp 13.500/kg. Harga ini di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 12.500. Untuk itu, pihaknya melakukan operasi pasar dengan menjual gula Rp 11.500/kg.

"Cukup stabil, memang ada beberapa sedikit kenaikan berkaitan dengan stok yang dulunya masih ada, beberapa hal yang mengandalkan stok dari produsen. Namun demikian ini akan teratasi, tapi ini akan turun dengan operasi pasar yang telah kita lakukan," kata Agus di Pasar Wonokromo Surabaya, Jumat (31/1/2020).

"Di sini memang beras cukup stabil dan Itu harganya masih di bawah HET, jadi berkaitan gula memang naik sedikit kenaikannya tapi kami melakukan operasi pasar dan melakukan cek stok dan kita juga lakukan koordinasi memang beberapa produsen stok September masih ada. Namun demikian kita akan melakukan operasi pasar apabila ada kenaikan harga," imbuhnya.

Sementara untuk kenaikan cabai, Agus menyebut kenaikannya akibat cuaca. Namun kini, harga tersebut berangsur turun dari kenaikan yang mencapai Rp 80 ribu/kg, kini menjadi Rp Rp 62 ribu hingga Rp 65 ribu.

"Alhamdulillah yang lain-lain (ndak naik), cabai agak tinggi karena musim penghujan tapi sebentar lagi akan stabil. Tadi mengenai telur, ayam, daging, saya lihat tabel dan bagus harganya dan harganya di bawah eceran tertinggi," pungkas Agus.

(hil/fat)