Di Lamongan, Arumi Bachsin Gencarkan Desa-desa Lain Bebas Stunting

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 17:33 WIB
Arumi Bachsin Gelorakan Pentingnya Penuntasan Stunting
Arumi Bachsin di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengunjungi daerah yang terbebas dari Stunting di Desa Karangturi, Kecamatan Glagah, Lamongan. Arumi berharap desa-desa lain di Jawa Timur mengikuti jejak Desa Karangturi ikut serta dalam memerangi Stunting dan Kematian Ibu dan Bayi (KIB).

Dalam kunjungan ini, Arumi disambut Bupati Lamongan Fadeli beserta Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan Makhdumah Fadeli.

Arumi juga mengapresiasi kinerja Desa Karangturi yang saat ini sudah bisa lepas dari Stunting, karena kekompakan masyarakat desa beserta perangkat desanya. Tak hanya itu, Arumi juga takjub dengan Desa ini, karena sudah bisa membebaskan rumah warganya dari tak layak huni menjadi layak huni.

"Itu berarti gerakan masyarakatnya luar biasa harapannya ini bisa dicontoh sama desa lain dan bahkan kabupaten/kota lain karena gerakan masyarakat ini yang paling mahal karena enggak bisa kita menggerakkan masyarakat tanpa masyarakat yang mau," ujar Arumi, Kamis (30/1/2020).

Arumi mengatakan, karena agenda penting tingkat nasional maka tidak dapat dipungkiri kerjasama semua pihak sangat diperlukan. Kerjasama tersebut, kata Arumi, baik kader PKK, masyarakat, orang tua hingga remaja sangat diperlukan.

"Edukasi sejak remaja akan mencegah stunting pada generasi selanjutnya," jelasnya.

"Jika masa remaja mereka sudah memahami bagaimana cara mencegah stunting Insya Allah akan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas," tambah Arumi.

Saat berada di Lamongan, Arumi yang didampingi Bupati Lamongan dan ketua Tim Penggerak PKK Lamongan ini juga berkesempatan untuk melihat sejumlah karya UKM di Lamongan yang ada di lokasi acara. Hadir dalam acara ini juga jajaran Forpimda Lamongan.

Simak Video "Wisuda Sarjana, Arumi Bachsin Senang Sekaligus Malu"

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)