Rp 69 M Digelontorkan Bangun Pasar Pon Trenggalek, Ditarget 1 Tahun Rampung

Adhar Muttaqien - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 07:25 WIB
pasar pon trenggalek dibangun
Pekerja sedang bekerja membangun Pasar Pon Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 69 miliar untuk pembangunan Pasar Pon Trenggalek yang ludes terbakar Agustus 2018. Pembangunan ditargetkan selama satu tahun.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan saat ini kontraktor pemenang tender pasar tersebut mulai melaksanakan pekerjaan pembangunan. Sesuai kontrak, pelaksanaan pekerjaan tersebut dimulai Januari hingga 5 November 2020.

"Anggarannya Rp 69 miliar, sesuai harga penawaran dari pagu Rp 83 miliar. Untuk pelaksana bukan multi year, tapi satu tahun selesai," kata Arifin, Kais (30/1/2020).

Menurut Arifin, bangunan pasar tradisional seluas 1,2 hektare tersebut mengambil konsep mezzanine floor. Nantinya bangunan pasar terdiri dari dua lantai, pada bagian tengah gedung akan dikosongkan, sehingga bisa terlihat dari lantai satu maupun dua.

"Nantinya itu bangunan akan menyerupai dome dengan, sedangkan bagian tengah yang terbuka itu untuk memperlancar sirkulasi udara," ujarnya.

Bupati menjelaskan, akses menuju dalam pasar dibuat empat titik dari seluruh arah, untuk pemerataan akses ke seluruh pedagang. Selain itu area seluas 1,2 hektare itu tidak akan didirikan bangunan seluruhnya, namun sebagian akan di gunakan sebagai area parkir dan pedestrian.

"Kalau sebelumnya itu tidak memiliki area parkir, nah nantinya akan ada parkir dan relatif luas," imbuhnya.

Pasar induk Trenggalek itu diproyeksikan bakal menampung 679 pedagang, mulai dari pedagang pakaian hingga gerabah. Sedangkan pedagang aneka sayur mayur dan kebutuhan pokok akan tetap berada di pasar basah.

"Untuk sementara masih seperti konsep awal, hanya akan menampung pedagang-pedagang eksisting yang saat ini tercatat di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Trenggalek," ujar Arifin.

Sebelumnya, Agustus 2018 kebakaran hebat meludeskan bangunan Pasar Pon Trenggalek. Peristiwa yang berlangsung pada dini hari itu mengakibatkan kerugian puluhan miliar rupiah.

(iwd/iwd)