Hanya Siti Badriah dan Judika yang Masih Mangkir Panggilan Terkait MeMiles

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 21:00 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Penyidikan kasus investasi bodong MeMiles sudah hampir rampung. Namun, hingga kini, polisi menyebut ada dua artis yang belum mengindahkan panggilan polisi. Keduanya yakni Siti Badriah dan Judika.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan keduanya rencananya diperiksa sebagai saksi. Namun hingga saat ini baik Judika atau Siti Badriah belum mengkonfirmasi akan hadir.

"Sejauh ini belum ada konfirmasi. Tapi ada konfirmasi yang sifatnya penundaan reschedule pemeriksaan, namun melihat lagi perannya bagaimana urgensi penyidik terkait dua saksi tersebut," kata Truno di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (29/1/2020).

Truno pun memberikan waktu bagi keduanya untuk segera datang ke Polda Jatim. Menurut Truno, kesaksian Judika dan Siti Badriah diperlukan untuk pengembangan kasus.

"Untuk beberapa kesaksian perlu diketahui, kesaksian itu perlu diketahui keterangannya ya berupa berita acara keterangan saksi untuk melengkapi berkas perkara. Terkait beberapa nama tentu masih ada waktu untuk memberikan keterangannya. Namun yang dibutuhkan sesuai kebutuhan, kepentingan penyidik adalah bagaimana konstruksi hukum, kesaksian ini menjadikan penyempurnaan terhadap tersangka yang ada, atau tersangka yang sudah ditetapkan," papar Truno.

Lalu, bagaimana jika Judika atau Siti Badriah tak kunjung hadir? Truno menyebut ada ketentuan dengan melakukan pemanggilan kedua.

"Apabila nantinya tidak berkenan hadir, tentu konsekuensinya ada mekanisme SOP utk memanggil kedua sampai dengan membuat surat perintah membawa saksi untuk dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," imbuhnya.

Sebelumnya, Truno menyebut telah memeriksa beberapa public figur seperti Eka Deli, Marcello Tahitoe atau Ello, Regina Idol, Adjie Notonegoro hingga Tata Janeeta. Dari pemeriksaan tersebut, penyidik mendapati beberapa peran public figur dalam MeMiles.

"Kemarin kami sudah periksa beberapa publik figur kita dapati, ada peran koordinator, ada yang mendapat reward, tidak sesuai sistem yang berlaku, kemudian ada yang mengisi acara saja, atau ada yang sudah dibayarkan tapi belum sempat untuk mengisi acara dalam acara MeMiles," ungkap Truno.

Simak Video "Cucu Soeharto Akui Jadi Member MeMiles"

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)