Kawasan Wisata Songgoriti Batu Diterjang Banjir Lumpur

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:18 WIB
longsor di songgoriti batu
Banjir lumpur menerjang kawasan wisata Songgoriti (Foto: Istimewa)
Batu - Hujan deras mengguyur Kota Batu selama kurang lebih 1 jam menyebabkan kawasan wisata Songgoriti banjir lumpur. Akibatnya, rumah warga terendam air bercampur lumpur.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu sudah menuju lokasi bencana. Bencana ini dilaporkan melalui Tagana dan BPBD Kota Batu melalui whatsapp dan radio amatir.

Informasi yang dihimpun, Rabu (29/1/2020) hujan deras mengakibatkan tanggul jebol di Jalan Durian Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto.

"Benar ada banjir lumpur dan longsor karena hujan turun jam 2 siang, hujannya selama satu jam," kata petugas BPBD Kota Batu, Erwin Surya Dinata saat dihubungi detikcom.

Jalanan tempat wisata Songgoriti licin usai banjir lumpur/Jalanan tempat wisata Songgoriti licin usai banjir lumpur/ Foto: Istimewa

Dia menambahkan tanggul jebol di Jalan Durian karena sudah rapuh dan perlu ada perbaikan lagi. Lokasi tanggul jebol tepat berada di depan Hotel Arumdalu songgoriti, sehingga ikut terimbas banjir lumpur.

"Warga dan petugas sudah melakukan pembersihan," tegasnya.

Selain itu terjadi tanah longsor di Payung 3 berbatasan dengan kawasan Batu dan Pujon. Meski tidak ada korban jiwa, arus lalu lintas dari Batu dan Pujon maupun sebaliknya sempat tersendat.

"Jalanan tadi sempat licin, petugas sudah kesana untuk membersihkan. Sekarang sudah bersih dan arus lalu lintas lancar," tambahnya. (fat/bdh)