Harapan Orang Tua yang Anaknya Terisolasi di Wuhan Karena Virus Corona

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 11:35 WIB
mahasiswi unesa di china
Orang tua Ayu Winda video call dengan anaknya (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Satu lagi mahasiswi asal Lamongan saat ini masih menjalani tugas belajar di Wuhan, China. Mahasiswi tersebut adalah Ayu Winda yang kuliah di studi Bahasa Mandarin di Central China Normal University (CCNU) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Orang tua Ayu Winda, Sartono mengaku anaknya Winda saat ini mengambil S2 di Central China Normal University (CCNU) dan berangkat pada 1 September 2019 lalu. Ayu Winda merupakan satu dari 12 mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Unesa

"Winda menempuh pendidikan S2 dan sudah 4 bulan di Wuhan, rencananya pulang pada Juli nanti," kata Sartono ketika ditemui wartawan di rumahnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Ngaglik Timur Lamongan.

Sartono mengatakan sebagai orang tua ia berharap agar Winda bisa segera dievakuasi. Sartono juga mengakui kalau KBRI siap memulangkan, namun masih menunggu persetujuan dari pemerintah China karena takutnya nanti kalau keluar dari Wuhan terjangkit virus.

"Sebagai orang tua, saya juga khawatir dan cemas anak saya terjangkit penyakit Corona, sehingga kami berharap agar bisa segera bisa dievakuasi ke Indonesia," jelas Sartono dengan suara bergetar.

Sartono bersama istrinya yang ketika ditemui wartawan sedang melakukan video call dengan Winda. Kepada orang tuanya, Winda mengaku jika kondisinya di Wuhan baik-baik saja dan sehat. Meski takut, Winda mengaku mencoba untuk tegar dan bahagia.

"Suasana tidak seperti diberitakan. Saya di sini takut tapi saya coba untuk tegar dan bahagia," kata Winda melalui Video Call.

Winda juga menyebut, untuk makanan di Wuhan tidak ada masalah meski harga bahan pokok naik. Meski demikian, Winda berharap untuk bisa segera dievakuasi dari Wuhan.

"Belum tahu kapan dievakuasi, pinginnya sih bisa segera dievakuasi," aku Winda.

Simak Video "Viral Video Teriakan 'Wuhan Jiayou' yang Bikin Haru"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)