Blusukan Tempat Ibadah, Cara Polisi di Madiun Jalin Kerukunan Umat

Sugeng Haryanto - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 21:56 WIB
polres madiun
Foto: Istimewa
Madiun -

Polres Madiun Kabupaten menggelar blusukan ke tempat ibadah. Tak hanya blusukan, polisi juga melakukan perbaikan sarana tempat ibadah yang rusak.

Kegiatan ini merupakan wujud polres Madiun kabupaten dalam menjalin kerukunan antar umat beragama.

"Ini merupakan bentuk wujud kepedulian serta sinergitas antara Polres Madiun terhadap toga atau tokoh agama (ulama). Bagaimanapun beliau sebagai mitra polri dalam menjaga situasi kamtibmas," ujar Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono kepada wartawan di masjid Jami' Djahrul Arifiyah Dusun Kaneman Desa/Kecamatan Kare, Selasa sore (28/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Ruruh juga meresmikan tempat wudu agar para jemaah yang ingin beribadah nyaman. Para tokoh agama yakni ulama, lanjut Ruruh, banyak memberikan kontribusi kepada Polri diantaranya dalam hal pembinaan keagamaan.

"Jadi para ulama sangat banyak berperan dalam memberikan siraman rohani ke personel Polri, serta turut menjaga situasi wilayah yang aman," kata Ruruh.

Ruruh menambahkan kegiatan perbaikan tempat wudu masjd ini juga sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan yang kurang tiga bulan.
"Ramadan kurang tiga bulan, jadi sekaligus untuk memperbaiki sarana masjid yang rusak. Bukan hanya masjid, kami juga blusukan tempat ibadah agama lain yang sekiranya rusak insyaallah kita perbaiki,"imbuhnya.

Pimpinan Masjid Jami' Djahrul 'Arifiyyah KH Muhammad Djahro mengaku senang atas bantuan perbaikan sarana masjid di desanya. "Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan pembangunan tempat wudu masjid yang sangat bermanfaat bagi warga masyarakat dan jamaah Masjid Jami' Djahrul 'Arifiyyah," paparnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Madiun di dampingi oleh Wakapolres Kompol Suhono serta PJU Polres Madiun. Tampak pula jajaran Muspika Kecamatan Kare.

(iwd/iwd)