Emil Dardak Dorong Pemkot Malang Selesaikan Masalah PDAM Mati

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 07:41 WIB
Wagub Emil meninjau lokasi pipa yang pecah/Foto: Istimewa
Malang -

Pipa air PDAM Kota Malang yang pecah menjadi perhatian Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi dan Dirut PDAM Kota Malang Nor Muhlas, Emil Dardak meninjau lokasi pipa yang pecah.

Ada 4 titik yang dikunjungi Emil Dardak untuk mengecek pipa PDAM. Yaitu di Desa Kidul dan Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang, serta bertemu masyarakat terdampak di Kecamatan Tumpang dan Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang. Lalu ke Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) Malang.


Melihat pipa yang pecah, Emil mengatakan jika kerusakan tersebut berada di titik rendah. Sehingga tekanan yang muncul di titik tersebut menjadi lebih besar ketimbang titik-titik yang lain.

"Karena memang lokasi sumbernya di atas, dialirkan ke bawah. Untuk naik ke atas tentu harus digenjot cukup kuat dari atas agar air bisa naik ke daerah yang tinggi seperti Buring. Karena tidak kuat maka pipa yang ada di titik rendah ini pecah," kata Emil, Sabtu (25/1/2020).

Akibat pipa pecah, kurang lebih 26 ribu kepala keluarga terdampak. Mereka tak bisa menikmati aliran air yang semestinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2