Begini Cara Warga yang Tinggal di Bekas Kandang Kuda Rayakan Imlek

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 14:28 WIB
Salah satu keluarga di Pecinan Tambak Bayan/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Warga Kampung Tambak Bayan Surabaya mempunyai cara sendiri untuk merayakan Imlek 2020. Mereka mengunjungi para tetangga dan bertukar makanan.

Kampung Tambak Bayan berada Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Kampung tersebut hanya terdiri dari satu RT yang memiliki 50 KK.

Kemudian 90 persen dari penduduk Kampung Tambak Bayan merupakan warga keturunan Tionghoa. Meski terbilang pecinan kecil, mereka antusias merayakan Imlek 2020.

Warga di Kampung Tambak Bayan menghuni bangunan bekas kandang kuda. Di kawasan itu terdapat satu bangunan besar dan belasan bangunan yang dipetak-petak berukuran 4x5 meter.


Ketua RT 02 RW 02 Seno bercerita, dulu Kampung Tambak Bayan merupakan kandang kuda yang luas. Kemudian di era kolonial belanda dibangun petak-petak dan disewakan.

"Ini dulu kadang kuda. Makanya samping-sampingnya itu ukurannya kanan kiri ukurannya sama 4x5 meter," kata Seno kepada wartawan di Kampung Tambak Bayan, Sabtu (25/1/2020).

Pantauan detikcom, warga menyiapkan makanan khas Imlek di rumah masing-masing. Warga kemudian saling berkunjung dan bertukar makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2