Tiga Rumah Sakit di Jatim Siaga Rawat Penderita Virus Corona

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 19:38 WIB
Ruang isolasi sementara di Juanda (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Sebanyak tiga rumah sakit di Jawa Timur akan disiagakan untuk merawat penderita virus Corona. Namun hingga kini, Jatim masih dinyatakan aman dari virus Corona.

Ketiga rumah sakit yang digunakan sebagai karantina pengidap virus corona yakni, RSUD Dr Soetomo di Surabaya, RSUD Saiful Anwar Kota Malang, dan RSUD Soedono di Madiun. Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan tiga rumah sakit ini dipersiapkan sebagai karantina permanen untuk pengidap virus corona.

"Kalau sudah terdeteksi maka ada ruang isolasi di sini, untuk transit sementara. Setelah itu ada ruang insolasi permanen di Soetomo, Saiful Anwar dan Seodono," kata Khofifah di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jumat (24/1/2020).

Khofifah menambahkan jika ada penumpang yang terindikasi thermal scanner pada pintu kedatangan dari China, akan dilakukan pemeriksaan sementara. Lalu, mereka akan dipindahkan ke rumah sakit yang dipilih sebagai karantina.

"Thermal scanner di sini yang memungkinkan dengan suasana friendly. Jarak jauh pun bisa terdeteksi. Terdeteksinya antara lain dari suhu tubuh. Misalnya suhu tubuh 38 derajat selsius ada antisipasi, ada ruang isolasinya di sini, tapi hanya sementara," papar Khofifah.

Selain itu, Khofifah menambahkan semua pintu masuk kedatangan internasional di Jatim akan dijaga ketat dengan thermal scanner. Misalnya di Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Perak.

"Pintu masuk (internasional) satu (alat), di (kedatangan) umrah satu, yang di pelabuhan satu," lanjutnya.

Tonton juga Suasana Ruang Isolasi Pasien Suspect Corona di RSPI Sulianti Saroso :

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)