Warga Blitar Tangkap Sanca Pemangsa Ternak Lagi, Panjangnya 5 Meter

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 13:04 WIB
Ular sanca kembang yang ditangkap warga Blitar/Foto: Erliana Riady

"Pas tahun baru itu hilang dua entok saya. Saya pikir dicuri atau dimakan nyambik. Karena di sini juga sering kelihatan nyambik. Lha ular ini tadi perutnya besar dan dua mentok saya hilang. Saya yakin entok saya di dalam perut ular itu sekarang," paparnya.

Ular lalu dilakban bagian mulutnya. Karena tidak ada kandang yang memadai, warga memasukkannya ke dalam karung plastik dan diikat tali rafia bagian atasnya.

Ular diletakkan begitu saja di depan warung. Informasi yang beredar, warga sepakat menyerahkannya ke Kebon Rakyat Kebonrojo agar terpelihara dengan baik.


"Ini yang nangkepi tadi pada kerja semua Mbak. Katanya mau diserahkan ke Kebonrojo. Semoga ndak lepas, saya juga takut kalau disimpan di dalam," lanjutnya.

Tak hanya di Jalan Riau, ular jenis sanca kembang juga ditemukan warga Desa Papungan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Lokasi penemuan ular pagi ini hanya berjarak sekitar 300 meter dari lokasi penemuan ular sepanjang 3,6 meter dengan bobot 17 kg pada Rabu (22/1).

"Tapi yang ini lebih kecil. Panjangnya hanya satu meter, beratnya mungkin dua kiloan. Saya juga heran kok banyak nemu ular dimana-mana. Ini pertanda alam apa? Semoga semua selamat seger kawarasan," kata Sukarman, tokoh Desa Papungan.


(sun/bdh)