Hama Tikus Merajalela di Madiun, Polisi Bantu Petani Gropyokan

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 15:29 WIB
Polisi membantu gropyokan tikus (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Selain di Magetan, hama tikus juga membuat petani di Kecamatan Bajerejo, Kabupaten Madiun cemas. Tanaman padi milik petani rusak diserang tikus yang mengeratnya.

Untuk membasmi hama tikus, petani bersama polisi berbarengan gropyokan setiap hari.

"Banyak sekali tikusnya, setiap malam selalu mengerat padi hingga terpotong. Ini dibantu oleh pak polisi dalam gropyokan," ujar Kepala Dusun 4 Bayamam Desa/Kecamatan Balerejo, Gatot Sujarwanto
kepada wartawan usai gropyokan tikus, Kamis, (23/1/2020).

Ada sekitar 100 petani yang ikut gropyokan hama tikus. Dan yang membantu adalah Bhabinkamtibmas. Gropyokan hama tikus itu, lanjut Gatot, setiap harinya mendapat ratusan tikus yang pembasmiannya dengan cara memakai kompor gas.

"Setiap hari ada ratusan tikus yang di dapatkan dari hasil gropyokan. Semua langsung kita timbun tikusnya," ujarnya.

Sementara itu, Keikutsertaan polisi dalam membasmi hama tikus dibenarkan oleh Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono. Pihaknya telah memerintahkan semua polsek jajaran untuk membantu petani dalam penanggulangan hama tikus.

"Memang sudah kami koordinasikan dengan semua polsek jajaran untuk membantu petani dalam membasmi tikus," ujar Ruruh.

Ruruh mengutarakan setiap polsek di wilayah Kabupaten Madiun wajib mengagendakan untuk membantu petani gropyokan tikus setiap hari. "Kami agendakan setiap hari anggota untuk membantu petani dalam gropyokan tikus," imbuhnya.




Simak Juga Video "Membasmi Hama Tikus Tulungagung, Jawa Timur"

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)