Viral Netizen Hina Polisi soal Penanganan Kasus Pelajar Bunuh Begal

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 19:32 WIB
Postingan akun Diaz Diaz yang sudah diubah. (Foto: Tangkapan layar)
Blitar -

Sebuah posting-an menghina polisi viral di Facebook. Posting-an itu berisi ketidakpuasan netizen pada penanganan kasus pelajar yang membunuh begal di Malang.

Seperti pantauan detikcom, posting-an yang viral itu dikirim akun Diaz Diaz ke Facebook Jual Beli Motor Blitar. Ia mengungkapkan kekecewaan terhadap polisi dengan menuliskan kata yang tak patut.

"Polisi a####g. Kalo polisi tembak begal sampai mati polisi gak dipenjara. Tp klo orang biasa bunuh begal, knapa koq ditangkap. Apakah ini namanya keadilan sosiak bagi seluruh rakyat Indonesia. Polisi a####g cuma mentingin uang dan pangkat. Hey polisi, klo kamu gk terina lepas seragammu ayo duel sama aku," demikian posting-an akun Diaz seperti yang dilihat detikcom, Rabu (22/1/2020).


Akun Diaz mem-posting tulisan tersebut pada Senin (20/1). Ia menanggapi posting-an sebelumnya yang diunggah akun Satuin Twoin di grup Facebook Komunitas Peduli Malang Raya pada 15 Januari lalu.

Posting-an itu menceritakan kronologi penanganan kasus pelajar di Kabupaten Malang yang membunuh begal yang akan memperkosa kekasihnya. Tagar #bebaskan_ZA membuat posting-an ini viral ke berbagai media sosial, baik di Blitar maupun Malang.


Namun akun Diaz Diaz kemudian mengubah narasi posting-an di beranda akun pribadinya dengan menghilangkan kalimat hinaan pada polisi di tanggal yang sama pada pukul 09.36 WIB. Walaupun sudah diganti narasi, rupanya posting-an ini telah terdeteksi Tim Cyber Crime Polres Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Budi Hemanto mengatakan pemilik akun telah dipanggil ke Mapolres Blitar dan dimintai keterangan. "Yang bersangkutan sudah diamankan. Tapi, menurut yang bersangkutan, akun tersebut di-hack. Kami masih dalami alibi dan lain-lainnya," kata Budi kepada detikcom.

Tonton juga video Polisi Tangkap Pelaku Begal di Baubau:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)