Sanca Diduga Pemangsa Ternak Warga Blitar Ditangkap di Kandang Ayam

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:07 WIB
Ular sanca kembang yang ditangkap warga/Foto: Erliana Riady
Blitar - Seekor ular sanca kembang ditemukan warga di kandang ayam. Warga menduga, ular inilah yang kerap memangsa ayam ternak mereka.

Sekitar pukul 05.30 WIB, warga Desa Papungan RT 01 RW 06 Kecamatan Kanigoro geger. Pasalnya di kandang ayam milik Sadewo ditemukan ular sebesar betis orang dewasa. Menurut pengakuan pemilik kandang ayam, ular itu diam melingkar.

Pemilik kandang yang panik lalu meminta tolong tetangganya, Hari Mulyono untuk menangkap tersebut. Bersama dengan adiknya, Hari menggunakan dua batang kayu untuk memegang bagian kepala ular. Lalu adiknya memegang bagian badan sampai ke ekor.


"Tadi sempat saya ukur, panjangnya 3,6 meter dengan berat sekitar 17 kg. Ularnya tidak berontak sih, tapi sangat kuat kalau bergerak," kata Hari kepada detikcom, Rabu (22/1/2020).

Awalnya, Hari menyiapkan kandang kayu yang ditutup keliling dengan besi ram-raman. Namun karena gerakan ular sangat kuat, kandang itu dirasa kurang aman. Hari lalu memindahkannya ke sebuah kandang ayam dengan panjang 2,5 meter lebar 1 meter. Kandang setinggi 1 meter itu diikat dengan tali kabel di empat bagian pintu atas.