Website Diretas, PN Kepanjen Malang Pastikan Data Aman

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 12:28 WIB
Bagian Humas PN Kepanjen, Yoedi Anugrah Pratama/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Hingga saat ini, website Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen Malang belum normal. Meski diretas, PN Kepanjen memastikan semua data aman.

"Sampai hari ini, perbaikan masih dilakukan oleh tim IT. Kami mohon maaf kepada masyarakat, karena situs belum dapat diakses seperti biasanya," kata Bagian Humas PN Kepanjen, Yoedi Anugrah Pratama kepada wartawan di kantornya, Jalan Panji, Kepanjen, Selasa (21/1/2020).

"Peretasan hanya menyasar tampilan laman, tidak sampai ke basis data. Tetapi memang data terpisah dari aplikasi website yang diretas," sambungnya.


Meski menjadi sasaran kejahatan, PN Kepanjen memilih untuk melakukan perbaikan website. Dari pada melaporkan kasus ini kepada aparat penegak hukum.

"Petunjuk pimpinan, tidak melapor ke polisi. Tetapi fokus kepada pelayanan agar tidak terganggu. Meskipun tidak ada masalah yang serius karena peretasan," ujarnya.

Ia menambahkan, website yang diretas biasanya menjadi tempat rujukan masyarakat untuk mengetahui agenda perkara yang tengah disidangkan. "Biasanya akses bisa dilakukan secara online. Termasuk mengajukan permohonan gugatan. Tetapi dengan peretasan yang terjadi, maka untuk sementara tidak bisa dilakukan secara online," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2