Meski Pernah Terbakar, Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Tetap Bersolek

M Rofiq - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 07:20 WIB
Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Kota Probolinggo bersih-bersih (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Meski sempat ludes terbakar Mei 2019 lalu, Klenteng Tri Dharma Sumbernaga di Kota Probolinggo bersolek jelang imlek. Pengurus kompak membersihkan klenteng yang berusia lebih 150 tahun dan termasuk bangunan cagar budaya.

Pembersihan dilakukan dengan cara dimandikan dan disucikan. Ada sekitar 40 patung dewa yang dibersihkan pengurus klenteng. Beberapa di antaranya patung dewa budha, Kong Hu Cu, dewa bumi, Dewi Kuan Im, Dewa Kuwn Kong dan Dewa Kong Co Tan Ho Cin Jin.

Dewa Kong Hon Tan Ho Cin Jin, merupakan dewa tuan rumah di Klenteng Tri Dharma Sumbernaga, Kota Probolinggo.

Petugas Klenteng, Tedy Cahyo Kumolo mengaku saat pembersihan patung dewa harus dilakukan secara teliti dan hati-hati. Selain itu, syaratnya harus puasa vegetarian selama seminggu.


Tak hanya dibersihkan, menurut Tedy patung yang sudah disucikan kemudian diberi pengharum sesuai karakternya masing-masing.

Klenteng Tri Dharma Sumbernaga dibersihkan/Klenteng Tri Dharma Sumbernaga dibersihkan/ Foto: M Rofiq

"Karena patung di sini usianya sudah ratusan tahun, tentu harus hati-hati dalam merawatnya. Karena ini warisan budaya, yang harus dilestarikan," terangnya, Minggu (19/1/2020).

Ketua Klenteng Tri Dharma Sumbernaga, Ervan Sujianto mengatakan, ada makna tersendiri dalam pembersihan patung dewa jelang imlek. Yakni penyucian patung, bermakna pembersihan diri dari sifat buruk dan jahat.

Ervan menjelaskan, tak hanya patung dewa, sejumlah fasilitas ibadah yang ada di dalam Klenteng, juga harus dibersihkan. Seperti meja, kursi hingga altar pemujaan.


"Jadi semua yang berkaitan untuk ibadah, harus dibersihkan dan disucikan. Agar saat pelaksanaan ibadah saat imlek, berjalan lancar dan khidmat," jelasnya.

Perayaan imlek tahun ini, gedung utama klenteng belum bisa digunakan setelah terbakar. Namun hal itu tidak akan menghilangkan kekhusyukan. (fat/fat)