Ini Rahasia Risma Soal Warga DKI Pindah ke Surabaya karena Asma

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 17:40 WIB
Wali Kota Risma (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebut banyak warga Jakarta yang pindah ke Surabaya lantaran terkena asma akibat polusi. Risma pun tak terlalu mempersoalkan kepindahan ini.

"Ya ndak apalah," kata Risma di Surabaya, Sabtu (18/1/2020).

Risma pun menceritakan dirinya kerap bertemu dengan warga Jakarta yang pindah ke Surabaya. Para warga Jakarta ini pun bercerita jika anak-anaknya banyak yang menderita asma akibat polusi udara di sana.

"Ya memang banyak, ada teman-teman kalau misalnya aku pergi ke luar, mereka cerita, 'Bu saya pindah ke sini, anak saya kena asma. Jadi sekarang saya tiap Sabtu Minggu pulang'," ungkap Risma.


Bahkan, ada beberapa warga Jakarta yang asmanya bisa sembuh usai pindah ke Surabaya.

"Jadi ada teman juga dia bilang saya tinggal sini sekarang, mertuanya juga di sini kemudian anaknya sakit akhirnya dibawa ke Surabaya untuk penyembuhan. Jadi sekarang dia pulang pergi Jakarta," lanjutnya.

Risma
mengaku memiliki kiat untuk menghindarkan Surabaya dari polusi. Dia menyebut kerap menanam banyak pohon untuk menciptakan udara yang lebih baik.

"Jadi ya bagus, tapi kotanya jadi kayak hutan, tak tambahi tanaman terus. Karena ya memang begitu cara melawannya (polusi)," pungkasnya.



Video Risma Bersihkan Sampah di Saluran Air Meski Diguyur Hujan:

[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)