Tiga Maling Beraksi di Tuban Dilumpuhkan Kakinya

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 17:34 WIB
Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Tiga pelaku kriminal di wilayah hukum Polres Tuban terpaksa dilumpuhkan kakinya oleh tim Resmob Macan Ronggolawe.

Ketiga pelaku yang dihadiahi timah panas antara lain Damar (24), asal Desa Gaji, Kecamatan Kerek, residivis Aan Pujianto (44), warga Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Tuban, dan Gunawan (25), Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono menegaskan, penangkapan ketiga pelaku ini dari informasi masyarakat dan para korban. Setelah dilakukan penyelidikan hingga pengembangan, ketiga pelaku kejahatan akhirnya diringkus tim resmob.

"Tiga pelaku ini terpaksa kita lumpuhkan karena melawan, bahkan ada yang membawa senjata tajam saat diamankan," ucap Kapolres Nanang kepada wartawan di kantornya, Jumat (17/1/2020).


Dia menambahkan ketiga tersangka merupakan pelaku curat yang berbeda kasusnya. Tersangka Damar (24) merupakan pelaku maling motor, melakukan aksinya dengan menggondol sepeda motor Revo yang saat itu terparkir di tempat yang tidak aman.

Sedangkan dari tangan residivis Aan, diamankan barang bukti sepeda motor vario, dua buah unit telepon seluler yang dicurinya dari rumah kosong.

Dan untuk tersangka Gunawan, polisi mengamankan satu unit sepeda motor dan dua buah handphone serta helm warna putih.

"Aksi kejahatan mereka ini rata-rata korbannya adalah tetangga sendiri, masih satu kecamatan," tambahnya.

Akibat perbuatan mereka, ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) ancaman penjara 7 tahun atau 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (curas) ancaman 9 tahun kurungan. (fat/fat)