Round-Up

Kisah Satu Keluarga di Situbondo Rumahnya Diserang Serangga Misterius

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 09:47 WIB
Serangga misterius serang rumah warga (Foto file: Ghazali Dasuqi/detikcom)

"Bentuknya itu kalau orang sini bilang mirip sapi-sapian. Tapi serangga itu ukurannya kecil. Baunya tidak enak, agak menyengat," kata Camat Jatibanteng Wira Mukti saat dihubungi detikcom, Kamis (16/1/2020).

Hingga kini belum diketahui dari mana serangga misterius itu berasal. Yang pasti, rumah pasutri yang 'dikuasai' serangga itu dekat dengan area persawahan. Anehnya lagi, hanya rumah Pandi-Astuti yang menjadi lokasi jujugan serangga tersebut.

Upaya memberantas serangga dengan menyemprotkan pestisida hingga kini masih terus dilakukan. Meski belum optimal, tapi sudah banyak serangga yang mati akibat semprotan itu. Namun begitu, pemilik rumah tetap mengungsi karena aroma serangga yang cukup menyengat.


Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Situbondo bahkan berencana melakukan eksperimen. Rencana itu muncul setelah adanya dugaan bahwa serangga berbau menyengat tersebut termasuk hewan dekomposer. Atau hewan yang bisa membuat kompos untuk penyedia unsur hara tanaman. Jika dugaan itu benar, maka keberadaan serangga tersebut dapat membawa keuntungan.

"Kami masih akan melakukan eksperimen untuk memastikan. Apakah serangga itu termasuk dekomposer atau bukan," kata Kepala Disnak Keswan Situbondo, drh Hasanuddin Riwansia kepada detikcom di kantornya, Jalan PB Soedirman.
Halaman

(fat/bdh)