Ini Kesiapsiagaan Tuban Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 19:25 WIB
Foto: Ainur Rofiq
Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Tuban merupakan salah satu wilayan yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Persiapan pun perlu dilakukan dalam menghadapi bencana ini.

Karena itulah Pemkab Tuban bersama TNI dan Polri melakukan sinergi Penanggulangan Bencana Hydrometeorologi. Sinergi tersebut diwujudkan dalam apel bersama.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan kegiatan apel siaga dan latihan ini merupakan suatu forum kegiatan antar lembaga pemerintah, non pemerintah, masyarakat, dan lembaga usaha untuk persiapan dalam menghadapi bencana.

Kegiatan ini merupakan sarana untuk menghubungkan kapasitas daerah, sarana prasarana logistik, dan alat kelengkapan penanggulangan bencana termasuk sumber dana dari berbagai unsur.


Dalam apel kesiapsiagaan ini ratusan personel gabungan dilatih pelatihan kemampuan dalam mobilisasi sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana.

"Apel kesiapsiagaan ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka tapi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI/ Polri, dan komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan apabila terjadi bencana," ucap Nanang, Kamis (16/1/2020).

Ditambahkan Nanang, saat ini bencana yang bersifat hydrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca misalnya banjir, longsor dan puting beliung sering terjadi di Tuban.


"Kita semua menyadari bahwa bencana alam tidak bisa ditolak tapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut mitigasi bencana," kata Nanang.

Hadir dalam kegiatan bersama ini yakni Bupati Tuban Fatkhul Huda, Dandim Tuban, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. Serta ratusan personel gabungan dari BPBD, Polisi, TNI, Damkar, dan Dishub.

Berbagai peralatan untuk penanggulangan bencana juga dicek di antaranya perahu boat, kano, dapur umum, dan alat berat.


Tonton juga Antisipasi Bencana, Polda Sultra Gelar Apel Kesiapsiagaan :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)