Serangga Misterius yang Serang Rumah Warga di Situbondo Dites Lab

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 12:20 WIB
Warga membakar serangga misterius yang 'menguasai' rumahnya/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Serangga yang 'menguasai' sebuah rumah warga di Kecamatan Jatibanteng masih menjadi misteri. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti jenis serangga berwarna hitam tersebut.

Untuk itu, dinas terkait akan melakukan uji laboratorium untuk mengidentifikasi serangga misterius yang memiliki bau menyengat itu. "Kita belum bisa menentukan itu jenis hewan apa. Namanya apa dan sebagainya. Makanya masih akan kita uji laboratorium," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Situbondo, Sentot Sugiyono kepada detikcom di kantornya, Kamis (16/1/2020).


Menurut Sentot, pihaknya sudah menerjunkan petugas pengamat hama ke lokasi. Selain melakukan penelitian, petugas juga akan mengambil sampel serangga yang menyerang rumah pasangan Pandi-Astuti. Rumah tersebut berada di Dusun Sumberanyar Selatan, RT 03 RW 02, Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng.

"Hari ini sampel itu akan kita bawa ke laboratorium di Tanggul Jember. Mudah-mudahan besok sudah ada kepastian," imbuh Sentot.

Hasil pengamatan petugas di lapangan, serangga itu memiliki bau menyengat. Bentuknya juga menyerupai kepiting tanah. Namun bukan kepiting tanah pada tanaman padi.



Tonton juga video Hama Lembing Hitam Serbu Permukiman Warga di Purwakarta:


Selanjutnya
Halaman
1 2