Serangga Misterius Serang Rumah Warga di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 22:01 WIB
Serangga misterius yang serang rumah warga Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Kedatangan segerombolan serangga aneh meresahkan warga Desa Sumberanyar Kecamatan Jatibanteng. Serangga berwarna hitam itu menyerang rumah milik pasutri Pandi (60) dan Astuti (58), warga Dusun Sumberanyar Selatan.

Warga resah karena jumlah hewan aneh itu sangat banyak. Saking banyaknya, serangan hewan itu sampai nyaris memenuhi semua bagian rumah pasutri tadi. Pandi dan istrinya pun terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya, karena merasa terganggu dengan kedatangan hewan tersebut.

Selain baunya menyengat, gerombolan hewan itu juga menyebabkan mata perih dan gatal-gatal di kulit. Pandi dan keluarganya sendiri juga tidak tahu dari mana datangnya hewan-hewan tersebut. Sang pasutri juga merasa aneh dengan jenis hewan yang kini bersarang di rumahnya itu.

"Sudah beberapa hari ini hewan itu bersarang di rumah saya. Saya dan keluarga memilih mengungsi di rumah saudara karena merasa terganggu," ujar si pemilik rumah, Pandi, Rabu (15/1/2020).


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, segerombolan hewan menyerupai serangga itu, sudah beberapa hari terakhir bersarang rumah Pandi dan Astuti. Awalnya hewan itu datang sekitar pukul 22.00 Wib pada Jumat (10/1) malam lalu. Saat itu, seisi rumah hanya mendengar seperti ada suara rintik hujan.

Namun ternyata bukan hujan. Tak lama hewan menyerupai serangga ini sudah memenuhi atap, dan terus berjatuhan hingga menyebar ke seluruh bagian rumah. Sampai-sampai, hampir tiap bagian rumah berbahan kayu itu dipenuhi hewan bertekstur keras dan berwarna hitam itu. Mulai dari sekitar tempat tidur, lemari, lantai, bahkan seluruh kayu penyangga rumah juga dipenuhi hewan yang masih belum diketahui namanya tersebut.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengusir hewan tersebut. Di antaranya dengan membersihkan menggunakan sapu. Bukannya berhasil, pemilik rumah malah kewalahan hingga nyaris pingsan, karena tak tahan dengan aroma hewan itu yang cukup menyengat.

Tak heran, jika kedatangan hewan aneh itu cukup menyita perhatian. Bahkan, unsur Muspika setempat juga ikut berusaha melakukan langkah membasmi hewan tersebut. Termasuk dengan menyemprotkan obat hama pertanian (pestisida). Namun tetap saja gagal.

Pestisida sudah disemprotkan namun tak mempanPestisida sudah disemprotkan namun tak mempan (Foto: Ghazali Dasuqi)


"Kami sudah melaporkan gerombolan serangga berwarna hitam ke mantri kesehatan dan muspika. Namun belum bisa tertangani. Jumlahnya banyak, sampai memenuhi seluruh ruangan di rumah itu," papar Kepala Desa Sumberanyar, Sabirin Ali.

Menurut sang Kades, hewan ini terbilang langka karena tidak satu pun warga yang mengetahui sebelumnya. Anehnya lagi, hanya rumah pasangan Pandi-Astuti yang dihuni hewan tersebut. Dia berharap, dinas terkait bisa segera menyelesaikan masalah ini.

"Kami berharap dinas terkait segera menemukan sumber hewan ini, dan bisa segera membasminya," tandas Sabirin. (fat/iwd)