Puluhan Kendaraan Ditilang di Pasuruan, Termasuk Truk Angkut Ekskavator

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 14:00 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Puluhan kendaraan pengangkut orang dan barang terjaring operasi gabungan Polres Pasuruan dan Dinas Perhubungan di Jalan Raya Beji. Petugas menilang dan mengamankan beberapa kendaraan.

Operasi gabungan ini menyasar kendaraan yang over dimensi, overload, dan kelaikan jalan. Operasi digelar untuk mencegah kecelakaan fatal yang diakibatkan kondisi kendaraan yang menyalahi aturan.

Puluhan kendaraan sasaran yang melintas baik dari arah Surabaya maupun Probolinggo diarahkan ke Cargo, Beji. Petugas mengecek surat-surat dan kondisi kendaraan. Petugas menindak puluhan kendaraan yang melanggar.

Salah satu kendaraan yang ditindak sebuah truk yang mengangkut ekskavator. Truk yang hendak menuju PT Cheil Jedang, Rejoso, Pasuruan, itu diamankan karena melaju di jam ramai dan tanpa pengawalan.


"Keselamatan jalan itu tak bisa ditekan hanya dengan berdoa. Semua elemen harus terlibat termasuk pengguna jalan, pemanfaat jalan, ya pengusaha, ya masayarakat harus mematuhi aturan dalam berkendara," kata Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Rifto Himawan, Rabu (15/1/2020).

Menurut Rofiq, beberapa kejadian kecelakaan di wilayah Pasuruan terjadi karena kondisi kendaraan yang menyalahi aturan. Pihaknya ingin menekan kejadian itu dengan terus melakukan operasi.

"Adanya rem blong, over muatan, penggunaan kendaraan tidak sesuai speknya, cara pengangkutan yang tak sesuai. Ini jadi potensi bahaya, sehingga ini perlu kita sosialisasikan aturan-aturan itu. Ketika menyalahi aturan akan berhadapan dengan hukum," tandasnya.

Kasat Lantas AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan dalam operasi ini, pihaknya melakukan 49 penindakan tilang dan surat-surat. Sebanyak 5 kendaraan diamankan sebagai barang bukti. "Kalau pihak Dishub menindak 12 pelanggaran," kata Bayu. (fat/fat)