Begini Cara Pria di Banyuwangi Kumpulkan Uang Koin untuk Beli Motor

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 21:24 WIB
Dasar Wahyudi (40) dengan motor impiannya/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Dasar Wahyudi (40) mengumpulkan uang koin seribuan untuk membeli Yamaha NMAX selama dua tahun empat bulan. Uang tersebut ia kumpulkan dari usaha jual beli kelapa dan buah-buahan ke Bali.

Selain itu, Wahyudi juga mencari uang koin ke beberapa pedagang kecil di sekitar rumahnya. "Ini sebenarnya dagangan saya itu jual kelapa dan buah ke Bali. Sisa uang modal dan untuk kehidupan sehari-hari saya tabung dalam bentuk uang receh," ujarnya saat ditemui detikcom di rumahnya di Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Selasa (14/1/2020).


Para pedagang yang dimaksud yakni mereka yang biasa berjualan di sekolah-sekolah. "Sehari belum tentu ada. Tapi kadang ada juga yang datang bawa Rp 300 ribuan. Ya saya terima saja," tambahnya.

Dari pedagang, Wahyudi mengaku menerima semua nominal uang koin. Pecahan Rp 200 dan Rp 500 pun diterimanya. Selanjutnya, uang itu ditukarkan kembali ke beberapa toko dengan pecahan koin Rp 1.000.


"Koin apa saja. Semuanya saya terima. Nanti setelah kumpul banyak baru saya akan tukar dengan uang Rp 1.000 koin," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, video Wahyudi membeli NMAX di sebuah dealer dengan uang koin viral di media sosial. Ia membawa 6 kaleng uang koin Rp 24.650.000. Sedangkan harga motor impiannya itu Rp 29.397.000. Jadi ia menambah kekurangannya dengan uang kertas. (sun/bdh)