Sanca Pemangsa Ikan Warga Mojokerto Tertangkap, Beratnya 10 Kg

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 13:52 WIB
Ular sanca kembang yang ditangkap warga/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Seekor ular sanca kembang menyatroni permukiman penduduk di Dusun/Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto. Reptil sepanjang 4 meter ini memangsa berbagai jenis ikan yang dipelihara warga setempat di sungai.

Sungai yang membelah Dusun Lengkong selama ini bersih dari sampah. Warga setempat menggunakan sungai selebar 2 meter ini untuk memelihara berbagai jenis ikan air tawar. Seperti nila, gurame, mujair dan tombro.

Salah seorang pemuda Dusun Lengkong Irsyad Syahada mengatakan, teror ular sanca kembang diketahui saat dia dan teman-temannya melakukan patroli malam hari. Tidak seperti biasanya, saat itu dia melihat banyak ikan di dalam sungai melompat keluar dari air.


"Saat saya periksa bersama kawan-kawan, ternyata di dalam sungai ada ular besar jenis sanca kembang," kata Irsyad kepada wartawan di lokasi, Minggu (12/1/2020).

Rupanya ular sanca kembang seukuran lengan orang dewasa itu sedang memangsa ikan-ikan di dalam sungai Dusun Lengkong. Tak tinggal diam, Irsyad dan pemuda lainnya berusaha menangkap reptil langka itu.

"Ular sanca kembang ini sudah memakan ikan peliharaan, untungnya segera ketahuan," ujarnya.


Tonton juga Warga Sigi Digegerkan dengan Kemunculan Ular Kobra :