Melihat Pembuatan Miniatur Moge dari Sampah Plastik di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 08:19 WIB
Ngatmuin (42) dengan karya-karyanya/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Seorang pria di Lamongan membuat miniatur motor gede (moge) dari sampah plastik. Ia bernama Ngatmuin (42) warga Desa Lembor, Kecamatan Brondong.

"Semua ide kreatif itu muncul karena keresahan saya melihat banyaknya sampah plastik. Padahal, sampah plastik ini menjadi persoalan tersendiri karena sulit terurai dan sampah plastik ini tidak hanya terjadi di lingkungan saya tapi juga dimana-mana," kata Ngatmuin mengawali perbincangannya dengan wartawan, Sabtu (11/1/2020).

Dari keresahan itu, kemudian muncul ide untuk menjadikannya sebuah karya seni kerajinan tangan yang indah. Pria dua anak yang menggeluti kerajinan dari bahan-bahan bekas ini kemudian mencoba berkreasi, dengan menjadikan plastik tersebut sebuah miniatur moge.


"Dengan keresahan saya akan limbah plastik, saya semakin bersemangat untuk selalu berkarya demi mengurangi sampah plastik. Karena sampah plastik sudah menjadi masalah nasional," imbuh Ngatmuin.

Ngatmuin menceritakan, proses pembuatan miniatur moge berbahan dasar plastik ini tak membutuhkan waktu lama. Hanya sekitar tiga hari saja. Sampah plastik yang sudah dibersihkan, lanjut Ngatmuin, digunting atau dipotong sesuai selera.

"Untuk sentuhan akhir, tinggal kita cat saja sesuai keinginan," beber Ngatmuin.
Selanjutnya
Halaman
1 2