Semangat Penghijauan Lahan Gersang Bergelora di Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 16:05 WIB
Aksi menanam pohon di lahan gersang di Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Dua hektare lahan tandus dan gersang milik Polres Tuban kini dilakukan penghijauan. Kegiatan itu bertajuk Polri Peduli Penghijauan.

"Iya ini lahan rencana asrama polisi tapi selama ini kondisinya kosong dan tandus bahkan panas. Sehingga saat ini kita tanami pepohonan agar kembali hijau," ucap Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, Jumat (10/1/2020).

Seribu bibit pohon berbagai jenis telah disiapkan. Di antaranya jati, trembesi dan mahoni. Dalam menanam pohon tersebut, polisi dibantu Saka Bhayangkara, Perhutani dan Forpimcam Jatirogo.


Nanang menuturkan, kegiatan bertajuk Polri Peduli Penghijauan itu sesuai program Kapolri. Yaitu penanaman pohon guna memperbaiki ekosistem dan cuaca yang semakin buruk.

Harapannya, jika lahan kering bekas galian yang terletak di Dusun Galpelem, Desa Kapu, Kecamatan Merakurak itu kelak digunakan untuk permukiman, tentunya sudah ada banyak pohon yang tumbuh. Sehingga terlihat asri.


Ia juga meminta dukungan Perhutani Kebonharjo untuk memberikan informasi terkait lokasi-lokasi lainnya yang perlu dilakukan penanaman. Sebab, penanaman akan terus dilakukan.

"Saya minta dukungan Bapak Perhutani untuk informasikan lokasi-lokasi yang perlu dilakukan penanaman selama ada waktu dan bibit yang ditanam. Meskipun berada di pinggir-pinggir jalan kami siap gelorakan," pungkasnya. (sun/bdh)