Bupati Sidoarjo Tersandung Kasus Jelang Akhir Masa Jabatannya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 10:25 WIB
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah atau Abah Ipul terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semalam. Abah Ipul disebut tersandung kasus pengadaan barang dan jasa.

"KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terkait pengadaan barang dan jasa," kata Ketua KPK Firli Bahuri, Selasa (7/1).

Itu artinya, di akhir kepemimpinannya Abah Ipul harus berhadapan dengan KPK. Padahal, politisi 70 tahun itu telah menyiapkan sang putra mahkota, Amir Aslichin untuk menduduki kursi Sidoarjo 1. Nama Amir digadang masuk dalam Pilbup Sidoarjo 2020.


Sebelumnya, Abah Ipul telah menduduki jabatan strategis di Sidoarjo hampir 20 tahun. Karir politik Abah Ipul bermula saat menjadi wakil Win Hendarso dalam memimpin Sidoarjo pada tahun 2000 hingga 2010.

Di 2010, Abah Ipul mencalonkan diri menjadi Bupati Sidoarjo dengan menggandeng Hadi Sutjipto. Saat itu, Abah Ipul memenangkan kontestasi Pilkada dengan perolehan mencapai 60 persen.

Usai 5 tahun menjabat, Abah Ipul maju kembali menjadi petahana dengan menggandeng Nur Ahmad Syaifuddin. Di periode keduanya, Abah Ipul juga mendapat kepercayaan masyarakat Sidoarjo dengan raupan suara mencapai 60 persen.


Tonton juga Video OTT Bupati Sidoarjo, 3 Orang Diperiksa di Polda Jatim :