Siaga Banjir, Polresta Malang Kota Siapkan Personel Gabungan di Posko Bencana

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 16:13 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Kota Malang menjadi daerah langganan banjir jika musim hujan tiba. Sebagai langkah mitigasi, posko tanggap bencana didirikan oleh Polresta Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata mengatakan, banjir merupakan bencana yang patut diwaspdai di wilayah Kota Malang.

Upaya pencegahan sudah dilakukan bersama BPBD, TNI, SAR, PMI, Dinas Kesehatan, beserta instansi terkait lainnya.

Selain posko tanggap bencana, lanjut dia, koordinasi lintas instansi ini juga memastikan ketersediaan infrastruktur dan personel yang disiagakan.

"Ini tadi apel kesiapan tanggap bencana khususnya banjir. Kita ikut melibatkan TNI, BPBD, PMI, SAR, dinas kesehatan beserta unsur lainnya," ujar Leonardus usai apel tanggap bencana di halaman Mapolresta Malang Kota Jalan Jaksa Agung Suprapto, Senin (6/1/2020).


Leonardus menambahkan, sebagai wujud mitigasi bencana bukan hanya menyangkut personel saja. Melainkan peralatan beserta kesiapan fasilitas.

Seperti 26 rumah sakit yang tidak boleh menolak pasien emergency khususnya korban bencana, 100 ambulance untuk kesiapan tanggap bencana, dan personel yang siaga 24 jam untuk menerima laporan dan membantu mengevakuasi para korban.

"Jadi ada 26 rumah sakit rujukan di Malang yang setiap saat tidak boleh menolak pasien yang emergency. Ada juga 100 ambulance yang setiap saat bisa digunakan. Selain personel yang siaga 24 jam," ungkapnya.

Leonardus menambahkan, upaya mitigasi bencana banjir juga dilakukan dengan membersihkan sampah dan saluran air.

"Terkait hal ini akan ada koordinasi lanjutan tentang upaya penanganan sampah, debit air sungai yang mengarah ke Kota Malang, dengan wilayah sekitar. Yang jelas status siaga banjir ini akan berlangsung hingga Februari mendatang, karena prediksi BMKG curah hujan masih cukup tinggi," pungkasnya.



Anies Cek Pintu Air Manggarai, Kondisi Normal:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)