Instansi Gabungan Probolinggo 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Antisipasi Bencana

M Rofiq - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 15:26 WIB
Foto: M Rofiq
Probolinggo - Bencana alam yang mendera saat musim hujan tak mungkin dihindari. Dan bentuk kesiapan menghadapi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu, Pemkot Probolinggo bersama TNI, Polri, BPBD, Dinsos, PMI dan lainnya melakukan pengecekan sejumlah alat.

Pengecekan dilakukan di Kantor BPBD, Jalan Mastrip, Kelurahan Kedupok, Kecamatan Wonoasih. Mulai dari gergaji mesin, kapal karet, motor trail, mobil jeep hingga kebutuhan sembako tak luput dari pengecekan.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan langkah ini dilakukan agar 'Sedia Payung Sebelum Hujan'. Tujuannya bila nanti bencana terjadi, petugas sudah siap melakukan penanggulangan bencana dengan alat yang sudah siap.

"Harapan saya dengan pengecekan ini, kesiapan petugas yang terjun ke lapangan atau lokasi bencana, sudah benar-benar terjamin. Apalagi wilayah Kota Probolinggo, tak lepas dari ancaman terjangan angin atau banjir," terangnya di kantor BPBD, Senin (6/1/2020).


Dia menyebut, beberapa titik sungai perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem yang kerap melanda saat ini. Seperti sungai di Desa Sumber Wetan, Pakistaji dan Kedunggaleng. Seluruh kawasan rentan banjir kiriman dari wilayah selatan atau Kabupaten Probolinggo.

Pemkot bersama sejumlah instansi akan meninjau titik-titik yang rawan terjadi bencana di Kota Probolinggo, tak terkecuali di titik aliran sungai.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya mengaku siap berkoordinasi dengan semua pihak mulai TNI, BPBD, relawan dan lainnya saat bencana terjadi.

"Selain petugas, masyarakat juga harus siap menghadapi bencana yang nantinya bisa terjadi. kesiapan bisa dalam bentuk koordinasi, maupun aktif mengabarkan potensi bencana sekecil apapun," terangnya.

Dia pun mengimbau masyarakat Kota Probolinggo yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan rumahnya dekat pohon besar, lebih berhati-hati saat hujan deras mengguyur. (fat/fat)