Wagub Emil Dardak Minta Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Buruk

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 10:08 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal ini untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk seperti hujan disertai angin kencang.

Tak hanya itu, Emil juga mengimbau masyarakat yang sedang berkendara di jalan agar waspada ketika terjadi hujan disertai angin kencang.

"Harap waspada adanya ranting dan batang pohon tumbang," kata Emil di Surabaya, Senin (6/1/2020).

Tak hanya itu, usai terjadinya hujan dan angin kencang di Surabaya, Minggu (5/1), Emil langsung melakukan peninjauan. Misalnya di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Emil menemui banyak pohon tumbang.

Beberapa lokasi terdampak lain yakni kawasan MERR, Semolowaru, Rungkut Asri, Barata Jaya, Nginden, Gunung Anyar, Lakarsantri, hingga Krian. Emil menyebut selain di Surabaya, kejadian serupa juga terjadi di beberapa kabupaten kota seperti Gresik, Sidoarjo, dan Madura.


Di kesempatan yang sama, Emil mengatakan Tim BPBD Jatim akan berupaya lebih cepat membersihkan ruas jalan yang banyak pohon tumbang. Khususnya di jalan-jalan utama.

"Tindakan cepat dalam mengatasi bencana seperti ini harus dilakukan agar fasilitas umum masyarakat bisa berfungsi dan tidak terganggu," imbuhnya.

Saat mendampingi tim BPBD Jatim, Emil mengingatkan agar tim mengutamakan alat keamanan saat bekerja. Dia juga memastikan para pekerja menggunakan helm, dan bekerja dengan baik dan aman.

Selain itu, Emil juga menjelaskan jika dirinya berkoordinasi dengan PLN untuk memulihkan tiang-tiang listrik yang roboh di daerah Sidoarjo.

"Petugas PLN terus menginventarisir dan melakukan upaya pemilihan," pungkasnya. (hil/fat)