Pohon Tumbang Timpa Truk di Pantura Situbondo, Arus Lalin Mengular 2 Km

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 20:52 WIB
Truk pengangkut mobil yang tertimpa pohon (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon di tepi jalan raya Pantura Situbondo. Pohon jenis trembesi berdiameter besar itu menimpa sebuah trailer pengangkut mobil yang sedang melintas.

Praktis, beberapa mobil kinyis-kinyis yang dimuat di trailer pun mengalami kerusakan. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam kejadian tersebut. Namun, arus lalu lintas dari arah Banyuwangi - Probolinggo maupun sebaliknya langsung terganggu. Antrean kendaraan dari dua arah juga mengular, hingga lebih dari 2 km.

"Tidak ada korban. Hanya kerugian material. Saat ini sudah tertangani, arus lalu lintas sudah lancar," kata Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Hendrix Kusuma Wardhana kepada detikcom, Minggu (5/1/2019) malam.

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden pohon trembesi tumbang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, hujan deras disertai angin kencang memang mengguyur wilayah Kecamatan Bungatan. Diduga karena kontur tanah di bawahnya yang labil akibat guyuran hujan, pohon trembesi di utara jalan raya itu langsung tumbang.


"Pohon tumbang itu sepertinya akibat kondisi tanah di bawahnya labil. Jadi karena terus diguyur hujan, akhirnya tidak kuat dan membuat pohon trembesi itu tumbang," papar Kapolsek Bungatan, Iptu Hasan Bisri.

Arah tumbangnya pohon mengarah ke tengah jalan. Celakanya, saat bersamaan ada trailer memuat sejumlah mobil melintas dari arah barat menuju ke timur. Praktis, truk yang disopiri Faris (41), warga Wonoayu Sidoarjo itu pun langsung tertimpa bagian belakang, hingga menimbulkan kerusakan pada tiga unit mobil yang dimuat di bagian atas.

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas jalan raya setempat pun langsung macet total. Antrean kendaraan dari dua arah pun sempat mengular. Arus lalu lintas kembali lancar sekitar satu jam kemudian, setelah proses evakuasi bangkai pohon selesai dilakukan.


Dibantu warga, proses evakuasi bangkai pohon dengan cepat dilakukan petugas gabungan. Baik dari unsur kepolisian, TNI, BPBD, Tagana Dinsos, dan unsur lainnya. Pohon tumbang itu dipotong-potong menggunakan sejumlah gergaji mesin, sebelum akhirnya dipinggirkan ke tepi jalan raya.

"Polres Situbondo sudah mendirikan Posko Tanggap Bencana, dengan melibatkan sejumlah instansi terkait. Sehingga, proses penanggulangan bencana begini bisa berjalan cepat," tandas Hendrix. (iwd/iwd)