Sebagian Sudah Turun, Tinggal 16 Pendaki Masih di Atas Gunung Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 21:19 WIB
Foto: Istimewa
Magetan - Sebanyak 50 pendaki Gunung Lawu yang masuk via Cemoro Sewu saat ini sebagian telah turun. Data di pos Cemoro Sewu, saat ini hanya tinggal 16 pendaki yang masih belum turun.

"Saat ini untuk pendaki sebagian telah turun dan dipastikan yang belum turun masih sekitar 16 orang saja," ujar ujar Kepala ADM KPH Lawu Asep Dedi Mulyadi saat dihubungi detikcom Jumat (3/1/2020).

Asep mengatakan ke 16 pendaki tersebut dipastikan aman dan akan turun dan tiba besok pagi di pintu masuk Cemoro Sewu. Saat ini perhutani KPH Lawu mengimbau kepada keluarga untuk tidak panik atas pendaki yang belum turun.


"Insyaallah besok sudah turun karena saat ini masih berteduh dan istirahat," tandasnya.

Sementara itu, kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Magetan Ferry Yoga Sahputra juga memastikan bahwa saat ini pendaki yang belum turun dipastikan dalam kondisi aman. Pihaknya juga telah menyiagakan personel di pintu masuk pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu.


"Insyaallah semua aman, kami sudah koordinasi dengan pihak tim pendakian. Anggota kami sudah siaga di Cemoro Sewu," paparnya.

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Lawu ditutup terhitung hari ini. Penutupan seiring terjadinya hujan badai yang terjadi di semua jalur pendakian. Selain jalur Cemoro Sewu Magetan, jalur pendakian lainnya juga ditutup. Seperti Cemoro Kandang dan Candi Cetho. (iwd/iwd)