Hujan Badai di Gunung Lawu, 50 Pendaki Belum Bisa Turun

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 18:59 WIB
Foto: Istimewa
Magetan - Hujan badai yang terjadi di Gunung Lawu membuat jalur pendakian ditutup untuk sementara sejak pagi tadi. Sebanyak 50 pendaki Gunung Lawu yang masuk via Cemoro Sewu saat ini belum turun.

"Yang masih di atas belum turun ada 50 pendaki dan kami masih menunggu. Mengingat saat ini juga masih hujan dan angin. Mungkin masih berteduh," ujar Kepala Dusun Cemoro Sewu, Desa Sarangan, kecamatan Plaosan, Magetan, Agus saat dihubungi detikcom Jumat (3/1/2020).

50 Pendaki yang belum turun, kata Agus, berangkat Kamis (2/1) siang dan seharusnya sudah turun Jumat sore ini. Para pendaki yang kebanyakan dari luar kota itu, lanjut Agus, diperkirakan masih berteduh dalam perjalanan turun.


"Perkiraan masih perjalanan atau berteduh mengingat cuaca juga masih hujan deras dan angin," ujarnya.

Agus mengatakan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Magetan untuk bersiaga di pintu masuk Cemoro Sewu.

"Kami sudah koordinasi dengan BPBD untuk siaga di lokasi pintu masuk jika sewaktu-waktu dibutuhkan," tandasnya.


Sementara Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, KPH Lawu, Kholil, mengaku jumlah pendaki saat libur natal 2019 dan tahun baru 2020 mengalami peningkatan dua kali lipat. Jika hari libur biasa hanya sekitar 400 pendaki kini mencapai 800 pendaki.

"Saat libur natal dan tahun baru mencapai 800 pendaki, dan kalau libur biasa hanya 400-an," ujar Kholil.

Kholil menambahkan hujan badai di jalur pendakian gunung Lawu terjadi sejak tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Penutupan jalur pendakian ini belum diketahui sampai kapan akan dibuka.


Tonton juga BMKG: Hujan Ekstrem Masih Akan Terus Berlanjut :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)