Jakarta Banjir, Risma Pastikan Rumah Pompa di Surabaya Berfungsi Baik

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 17:05 WIB
Wali Kota sidak rumah pompa di Wonorejo (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Sejumlah daerah di DKI Jakarta dilanda banjir hingga menggenangi perkampungan, jalan dan kendaraan. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak ingin hal ini terjadi di wilayahnya.

Momentum libur Tahun Baru 2020 pun dimanfaatkan Risma melakukan inspeksi mendadak di sejumlah Rumah Pompa. Salah satu yang disidak Risma yakni rumah pompa yang berada di kawasan timur Surabaya, tepatnya area wisata Mangrove Wonorejo.

Dalam sidak ini, Risma ingin mencoba kekuatan tarikan pompa air. Karena sebelumnya, di rumah pompa tersebut telah ditambahkan dua pompa air dan genset untuk menambah kapasitas tarikan debit air di kawasan Surabaya Timur.

Sebelumnya, kawasan ini merupakan kawasan lindung yang tidak bisa dialiri listrik untuk operasional rumah pompa.

"Saya ingin ngetes kekuatan saluran air ini setelah ditambah pompa dan genset baru. Harapannya nanti nariknya lebih kenceng, apalagi kawasan ini adalah kawasan lindung sehingga kita tergantung dengan kekuatan genset," kata Risma di sela sidak di Mangrove Wonorejo Surabaya, Rabu (1/1/2020).


Dari sidak ini, Risma juga ingin air bisa mengalir dengan baik hingga bermuara ke laut. Jika debit air cukup tinggi, Risma mentargetkan air menggenang bisa habis dalam tiga jam.

"Harapannya nanti air di saluran warga dan di jalanan lebih cepat tersalurkan ke laut. Targetnya, air yang menggenang itu nanti dalam waktu tiga jam sudah habis," imbuhnya.

Sementara itu, lokasi kedua yang dituju Risma yakni sungai di kawasan Gunung Anyar. Di area tersebut, Risma meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP), Erna Purnawati menambah kapasitas air di saluran tersebut.

Nantinya di saluran itu, Risma meminta agar pinggiran sungai dikeruk dan dibentuk terasiring. Tujuannya, agar mampu menampung air lebih banyak lagi.

"Ibu memerintahkan untuk mengeruk sedikit pinggiran sungai, dan dibetuk lebih terasiring. Tujuannya agar air bisa ditambung lebih banyak," pungkas Erna.


Tonton juga Banjir di Jatipulo Palmerah, Motor-motor Diungsikan ke Masjid :

[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)