Pantai Klayar Diserbu Wisatawan, Akses Jalur Masuk Terpaksa Ditutup

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 11:23 WIB
Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - Dua obyek wisata di wilayah barat Kabupaten Pacitan kembali dijejali wisatawan saat tahun baru. Keduanya adalah Gua Gong di Desa Bomo dan Pantai Klayar di Desa Sendang.

Banyaknya pengunjung membuat area parkir tak mampu menampung kendaraan. Tak ingin terjadi kemacetan panjang, polisi menutup akses kendaraan menuju lokasi tersebut.

"Penutupan kami lakukan sejak pertigaan Punung (pintu masuk ke Gua Gong dan Pantai Klayar),'' terang Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin kepada detikcom, Rabu (1/1/2020) pagi.

Penuhnya area parkir, lanjut Amin, terjadi sejak pukul 09.00 WIB. Salah satu penyebabnya adalah banyak wisatawan yang menginap di kawasan wisata sejak sehari sebelumnya.

Sejauh ini, kata dia, memang belum terjadi macet serius. Hanya saja, jika tidak diantisipasi sejak dini dikhawatirkan terjadi antrean kendaraan hingga tak bergerak.


"Untuk kendaraan yang masuk didominasi roda 4," terangnya.

Selain menutup pintu masuk di perempatan Punung, rekayasa lain yang dilakukan adalah memanfaatkan bahu jalan sebagai tempat parkir. Ini dilakukan di ruas jalan sekitar Gua Gong.

Wisatawan yang tak kebagian tempat parkir bisa menaruh mobilnya di bahu jalan. Selanjutnya mereka dapat berjalan menuju obyek wisata Gua Gong dengan berjalan kaki.

Adapun untuk jalur masuk Pantai Klayar, polisi memberlakukan rekayasa berbeda. Kendaraan yang sudah terlanjur berada di sekitar pertigaan Kali Aren diarahkan menuju obyek wisata terdekat. Seperti Kali Maron, Ngiroboyo, Pantai Buyutan maupun Banyu Tibo.

"Kita antisipasi biar ke (obyek) wisata yang lain," papar perwira polisi asal Jombang tersebut.

Bagi wisatawan luar daerah yang hendak berlibur ke Pacitan, Kasat Lantas mengimbau mereka untuk sementara memilih tujuan wisata di sekitar kota. Seperti Pantai Teleng Ria di Kecamatan Kota, serta Pantai Soge dan Pidakan di wilayah timur. (fat/fat)