Setahun, Jumlah Korban Tewas Kecelakaan di Tulungagung 138 Orang

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 15:39 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Tulungagung selama setahun mencapai 138 orang. Sedangkan angka kecelakaan tembus 1.061 kejadian.

"Jadi selama 2019 ada 1.061 kejadian laka, 138 orang meninggal dunia, luka berat nihil dan luka ringan 1.871 orang," kata Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia, Selasa (31/12/2019).

Pihaknya mengaku prihatin dengan banyaknya jumlah korban jiwa akibat kecelakaan. Pihaknya mengakui secara kuantitas angka kecelakaan lalu lintas di Tulungagung tahun ini meningkat 15 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 922 kejadian.

"Semakin banyaknya kendaraan yang beredar di masyarakat tentu risiko kecelakaan akan semakin tinggi juga. Makanya kami harap masyarakat berhati-hati dan tetap mematuhi aturan," ujarnya.

Kapolres menambahkan, dari ribuan kasus kecelakaan lalu lintas tersebut telah mengakibatkan kerugian material sebanyak Rp 779 juta.


Sementara Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno, mengakui adanya peningkatan jumlah kecelakaan. Pihaknya mendeteksi lonjakan 139 kejadian itu diakibatkan oleh sejumlah faktor, diantaranya banyaknya pengendara di bawah umur, peningkatan jumlah kendaraan serta beberapa faktor lain.

"Salah satu black spot laka ada di ruas jalan nasional Tulungagung-Kediri, jalan yang mulus dan lurus ternyata merangsang orang untuk ngebut, sehingga risiko laka semakin tinggi," kata Aris.

Faktor usia pengendara yang juga sangat berperan dalam menyumbang angka kecelakaan, para pengendara yang masih berusia muda atau bawah umur rata-rata masih memiliki tingkat emosi yang labil, sehingga mudah terprovokasi di jalan raya.

"Ditambah lagi dengan adanya kegiatan balap liar, ini adalah salah satu faktor yang bisa memicu fatalitas dalam kecelakaan," ujarnya.

Terkait kondisi itu, tahun 2020 mendatang polisi akan mengintensifkan program pembinaan terhadap para pengendara motor di berbagai kalangan. Selain itu Satlantas Polres Tulungagung juga akan melakukan tindakan represif berupa penindakan hukum bagi para pelanggar laku lintas. (fat/fat)