BMKG: Surabaya Diprediksi Hujan Disertai Petir Saat Malam Pergantian Tahun

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 14:42 WIB
Foto: Dok. iStock
Surabaya - BMKG Juanda memprediksi malam tahun baru 2020 di sejumlah wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan, tak terkecuali Kota Surabaya dan sekitarnya.

"Sesuai pengamatan radar kami, Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik kami prediksi hujan nanti malam," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Teguh Tri Susanto kepada detikcom, Selasa (31/12/2019).

Menurut Teguh, selain berpotensi hujan, malam pergantian tahun juga akan disertai petir. Karena itu, dia mengimbau kepada warga yang ingin merayakan agar tetap waspada.

"Mungkin akan disertai petir dan dengan kecepatan angin sekitar 20 km per jam," terangnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho menjelaskan, selama perayaan tahun baru, pihaknya telah mempersiapkan sekitar 25 posko dan pospam. Posko-posko tersebut disebar di sejumlah titik strategis di Kota Pahlawan.


Selain itu, pihaknya mempersiapkan tujuh titik lokasi jalan yang akan dibuka dan ditutup. Hal itu untuk mengantisipasi arus lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan.

"Posko dan pospam ada 25 yang ada di titik-titik strategis dan kami juga sudah menyiapkan 7 titik apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Kota Surabaya," jelas Kapolrestabes.

Ditanya apakah ada acara car free night pada malam tahun baru, Kapolrestabes mengaku sampai saat ini belum ada izin masuk terkait kegiatan itu. Meski begitu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya jika nantinya akan digelar.

"Sampai saat ini belum ada izin car free night dan kami sudah koordinasi dengan Pemkot untuk menimbang kembali car free night. Namun, jika harus ada, kami akan menyarankan seperti apa. Untuk panggung juga sampai saat ini belum ada," pungkasnya. (fat/fat)