2020, Dishub Surabaya Aktifkan Kamera CCTV Menindak Parkir Liar

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 30 Des 2019 16:19 WIB
Kadishub Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Dishub Surabaya tengah mempersiapkan aplikasi kamera CCTV untuk penindakan disiplin. Aplikasi kamera CCTV ini nantinya bisa digunakan untuk menindak kendaraan yang parkir di kawasan tertib lalu lintas.

"Tahun depan sudah kita siapkan aplikasi, untuk titik yang rawan pelanggaran parkir," kata Kadishub Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat saat dikonfirmasi detikcom, Senin (30/12/2019).

Irvan menambahkan nantinya, kamera ini akan ditempatkan di titik rawan pelanggaran parkir seperti di kawasan depan mall-mall Surabaya.

"Nanti kamera akan menyorot di depan mall. Angkutan-angkutan antar jemput online dan sebagainya bisa tercaptuce. Ilegal parkir ini akan menjadi fokus berikutnya untuk e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement atau tilang elektronik)," jelas Irvan.

Data dari kamera CCTV ini, nantinya akan terhubung ke command center 112 dan juga command center milik kepolisian. Jadi lalu lintas bisa didapatkan secara langsung.


"Masing-masing bisa langsung diolah," lanjut Irvan.

Dia menegaskan titik yang menjadi fokus rawan pelanggaran parkir selain di depan Tunjungan Plaza (TP), ada di Plaza Surabaya, BG Juntion, RSU Dr Soetomo dan lain-lainnya.

"Kami juga telah menyiapakan lahan-lahan parkir baru. Karena tiap tahun kita bangun parkir baru. Kita harapkan bisa beralih dari parkir on street ke off street. Dan kita membuka kepada swasta untuk membuka lahan parkir baru. Sebab tahun lalu sudah ada enam lokasi," tandas Irvan.

Sementara cara kerja aplikasi kamera CCTV untuk parkir ilegal ini hampir sama dengan CCTV yang akan digunakan sebagai e-tilang. Kamera tersebut bisa menyorot langsung ke plat nomor kendaraan. (fat/fat)