Gaspol, Cara Polisi di Pacitan Mudah dan Dekatkan Layanan Masyarakat

Gaspol, Cara Polisi di Pacitan Mudah dan Dekatkan Layanan Masyarakat

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 15:17 WIB
Gaspol dilaunching Polres Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Panjangnya rentang kendali layanan publik kerap membuat masyarakat repot. Seperti halnya dalam pengurusan Surat Kehilangan.

Selama ini pemohon harus datang ke kantor polisi untuk mendapatkan dokumen tersebut. Akibatnya waktu dan biaya pun tersita. Apalagi jika pemohon tinggal di pelosok.

Polres Pacitan berupaya memutus mata rantai tersebut. Yakni dengan penerapan program Kegiatan Sambang Polisi Untuk Pelayanan (Gaspol). Asyiknya, layanan ini gratis.

"Intinya kami ingin mendekatkan layananan kepada masyarakat, gratis," kata Kapolres Pacitan AKBP Sugandi usai peluncuran Gaspol di Gedung Karya Darma, Jalan JA Suprapto, Jumat (27/12/2019).

Inovasi tersebut, lanjut Sugandi, sepenuhnya memanfaatkan media internet. Pemohon cukup membuka laman web: gaspol.polrespacitan.id. Selanjutnya akan tampil beberapa jendela yang wajib diisi.


Di antaranya nama pelapor lengkap dengan alamat, nomor telepon, jenis layanan, serta keterangan. Lalu, pemohon wajib memasukkan 6 digit kode unik yang tersedia.

Data yang diunggah langsung terbaca di komputer Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pacitan. Petugas selanjutnya melakukan konfirmasi via telepon sebelum mendatangi alamat pelapor.

"Jadi petugas kami yang pro aktif mendatangi alamat pelapor. Petugas sudah dilengkapi dengan komputer dan portable printer sehingga surat kehilangan bisa langsung dicetak di rumah (pemohon)," tambah kapolres.

Nantinya, lanjut Sugandi, layanan tersebut juga akan dikembangkan untuk beragam jenis laporan. Mulai dari pengaduan, saran, kritik, serta masukan untuk perbaikan layananan Polres Pacitan.

"Bahkan tak tertutup kemungkinan juga dapat difungsikan untuk laporan kejadian," ucap Sugandi terkait program inovasi yang realisasinya juga dibantu pemkab setempat melalui Diskominfo.


Bupati Indartato mengaku senang dengan layanan baru di jajaran kepolisian. Bupati dua periode itu berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. Terlebih hal itu sejalan dengan semangat layanan publik yang selama ini digaungkan bersama.

Peluncuran program inovasi Gaspol ditandai pemutaran video promo dan sosialisasi. Secara simbolis Bupati Indartato lalu melepas dua personel SPKT yang berangkat menuju rumah warga yang sebelumnya melaporkan kehilangan. Keduanya mengendarai sepeda motor yang dirancang khusus mengangkut kelengkapan layanan.

"Dengan ucapan bismillahirahmanirrahim, program Gaspol Polres Pacitan saya nyatakan resmi diluncurkan," ucap Pak In disambut tepuk tangan hadirin.




Tonton video Polisi Terapkan Sistem One Way, Arus Lalin Puncak-Jakarta Lancar:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)