KLB Hepatitis A dan Perjuangan Keras Pacitan Menuntaskannya

Kaleidoskop 2019

KLB Hepatitis A dan Perjuangan Keras Pacitan Menuntaskannya

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 07:51 WIB
Salah satu sumber air yang dikonsumsi warga (Foto: Purwo Sumodiharjo)

Foto: Purwo Sumodiharjo

"Di tandon (tabung wadah air) kami kasih kaporit. Kalau sungainya yang diberi klorin kurang efektif karena airnya mengalir. Dan yang terus kami gencarkan adalah sosialisasi agar masyarakat membiasakan diri memasak air sampai benar-benar mendidih dalam tempo beberapa menit," ujarnya.

Tak mau berlama-lama menunggu hasil uji laboratorium, Pemprov Jatim pun melakukan penanganan di wilayah yang terletak di ujung barat daya ini. Intervensi yang dilakukan adalah dengan percepatan pembangunan jamban rumah tangga.

Karena alasan kesehatan serta untuk menghindarkan potensi penularan penyakit itulah, tiap rumah tangga harus memiliki MCK sendiri. Sedangkan untuk alasan efisiensi, dari beberapa MCK dapat menggunakan satu septic tank secara terpadu.

"Tadi yang kami bahas adalah kami membutuhkan air bersih, kami membutuhkan jamban. Sedapat mungkin MCK (mandi, cuci, kakus) komunal itu kami akan perluas menjadi MCK rumah tangga," terang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada detikcom saat kunjungan kerja ke Pacitan, Minggu (7/7/2019).


"Kalau memang sanitasi itu menjadi salah satu yang harus diintervensi maka insyaallah pemprov akan segera mengintervensi. Kalau bisa Sudimoro itu tuntas MCK berbasis rumah tangga," imbuhnya.

Setelah berjibaku selama hampir 4 bulan, Pemkab Pacitan menyatakan wilayahnya bebas Hepatitis A. Hingga akhir Agustus tidak ada lagi pasien yang dirawat di Puskesmas atau di rumah sakit. Di sisi lain berbagai metode pemantauan diterapkan untuk mencegah terulangnya kasus tersebut.

"Berdasarkan survei dan kenyataan di lapangan, kini tidak ada Hepatitis A lagi di Pacitan, " kata Bupati Indartato di sela tasyakuran bersama warga Sudimoro, Selasa (10/9/2019).

Kendati Hepatitis telah tuntas, namun Bupati Indartato minta warga tak lengah. Komitmen berpola hidup bersih hendaknya menjadi budaya tiap orang. Tak hanya bagi warga Sudimoro, namun juga harus dicamkan masyarakat Kabupaten Pacitan secara keseluruhan. Pada kesempatan itu juga diadakan deklarasi bersama.

Keberhasilan membasmi Hepatitis A akhirnya mengantarkan Kabupaten Pacitan meraih penghargaan Kabupaten Sehat. Anugerah yang diberikan Kemenkes RI ini juga diberikan karena pemerintahan Bupati Indartato sukses menciptakan beberapa inovasi. Antara lain pemanfaatan pekarangan rumah untuk kelangsungan pangan, pembuatan jamban masyarakat dengan sistem arisan, serta pengembangan lokasi wisata yang dikelona BumDes.

(iwd/iwd)