3 Kapal di Ketapang Off karena Belum Penuhi Standar Pelayanan Minimal

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 19:10 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Tiga kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang untuk sementara tak diperbolehkan melayani penyeberangan di Selat Bali. Hal ini dikarenakan ketiganya tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kapal-kapal ini akan diizinkan berlayar kembali setelah memenuhi seluruh persyaratan SPM.

Koordinator Pengawas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Korsatpel Ketapang, Rocky Surentu menyatakan setelah dilakukan pemeriksaan ulang, dua kapal dinyatakan memenuhi SPM. Sedangkan tiga kapal lainnya tidak memenuhi SPM.

"Dari lima kapal hanya 3 kapal yang tidak memungkinkan (tidak penuhi SPM). Yang dua baru docking jadi sudah memenuhi. Ketiga kapal itu Kapal Lima Jaya, Kapal Perkasa Prima, dan KMP Pancar Indah," jelas Rocky kepada wartawan, Selasa (24/12/2019).

Sesuai dengan peraturan Menhub nomor 62 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan SPM kapal itu akan diberi sanksi keluar dari jadwal operasional sambil melaksanakan temuan SPM untuk diperbaiki. Apabila sudah memenuhi SPM maka kapal akan dimasukkan jadwal operasional kembali.


Menurut Rocky, ketiga kapal itu tidak memenuhi SPM karena setelah dilakukan pengecekan ulang ruangan mesin terlihat kotor, kursi penumpang ada beberapa rusak, toilet juga kotor. Tidak hanya itu car deck lambung sudah mengalami korosi.

Saat ini, menurut Rocky, pihaknya sedang membuat kelengkapan administrasinya. Dia memastikan dalam setelah terpenuhi administrasinya, ketiga kapal itu akan di-offkan dan dikeluarkan dari jadwal operasional karena tidak laik beroperasi, khususnya SPM.

"SPM itu wajib dipenuhi pengusaha kapal. Karena kapal ini mengangkut orang. Bagaimana penumpang itu bisa aman dan nyaman. Jangan sampai penumpang khawatir karena melihat kondisi kapal yang tidak memungkinkan," bebernya.

"Jadi bukan kami dis (diskualifikasi), tapi dikeluarkan dari jadwal. Secepatnya setelah kita bisa menyelesaikan administrasi. Kita akan buat adminitrasinya yang sudah sesuai prosedur. Kami akan kirimkan. Dan langsung mengeluarkan dari jadwal. Insya Allah besok atau lusa mungkin," pungkasnya. (fat/fat)