Bule Belanda Ngaku Pernah Diracun Mantan Istri Hingga Pingsan 2 Hari

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 17:19 WIB
HT saat datang ke Kejari Banyuwangi (Foto: Istimewa)
Banyuwangi - HT, bule pelaku pembunuhan terhadap mantan istrinya, Nur Hofiani (42) mengaku pernah menjadi korban percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh mantan istrinya tersebut. Tersangka HT mengaku sempat diracun oleh korban dengan kopi yang dicampur racun serangga.

Hal ini pernah diungkapkan tersangka saat mendatangi Kejaksaan Negeri Banyuwangi, pada 11 November 2019 lalu, kepada Kasi Intel Kejari Banyuwangi, Bagus Nur Jakfar Adi Saputro.

HT alias Abdullah merupakan bule asal Belanda yang menikahi salah satu wanita asli Banyuwangi. Dia menikahi Nur Hofiani sekitar tahun 2014 dan pernikahan itu hanya bertahan 2 tahun. Saat itu ekspatriat yang fasih berbahasa Indonesia itu mengaku menjadi korban percobaan pembunuhan.


"Memang sempat bertemu dengan saya. Selain menanyakan kasus pencurian dia juga bercerita sempat diracun oleh sang istri. Katanya sempat tidak sadarkan diri selama dua hari usai minum kopi. Sempat panggil istrinya, karena dia berpikir akan mati. Dia datang, lalu ambil kursi dan tanya soal warisan, bukannya panggilkan dokter," ujar Bagus Nur Jakfar mengisahkan cerita HT saat di Kejari Banyuwangi, Selasa (24/12/2019).

Saat itu HT sebenarnya melaporkan dua perkara. Selain dugaan percobaan pembunuhan juga kasus pencurian uang yang diakunya sebanyak Rp 10 juta. Tapi pihak kepolisian hanya memproses kasus pencuriannya.


"Kalau pelaporan pidana merupakan wewenang kepolisian. Kami hanya mendapatkan pelimpahan berkas kasus pencurian. Saat itu HT bercerita jika diminta mencari 5 saksi. Tapi alasannya adalah hanya diketahui berdua. Tidak ada saksi lain katanya," tambahnya.

Pada 11 November 2019, jauh sebelum menghabisi nyawa mantan istrinya, tersangka pernah mendatangi Kejaksaan Negeri Banyuwangi untuk menanyakan perkembangan perkaranya. Tersangka waktu itu bertemu dengan Kasi Intel Kejari Banyuwangi, Bagus Nur Jakfar Adi Saputro. Dan kepada Bagus lah HT sempat curhat tentang pengakuannya yang hendak dibunuh sang mantan istri. (fat/iwd)