Ribuan Pengunjung Padati KBS, Arus Lalin Macet

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 13:21 WIB
Arus lalin di depan KBS padat merayap (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Arus lalu lintas di Jalan Raya Diponegoro depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengalami peningkatan volume kendaraan. Peningkatan itu disebabkan karena dampak pengunjung KBS yang naik saat liburan Natal dan Tahun Baru.

"Sudah sejak kemarin. Dan sejak pagi sampai siang ini ramai lancar. Tapi masih terkendali," kata salah satu petugas Pospam yang berada di depan KBS, Selasa (24/12/2019).

Pantauan detikcom, arus lalu lintas terasa ramai lancar dimulai sejak di Jalan Wonokromo sampai Jalan Diponegoro tepat di depan KBS. Kepadatan terjadi karena sejumlah kendaraan dari pengunjung KBS memilih berhenti dan turun tepat di depan KBS, sehingga arus lalu lintas menjadi terhambat.

Meski begitu, sejumlah petugas dari polisi maupun Linmas Surabaya dengan sigap dapat mengatur arus lalu lintas. Sehingga kemacetan tidak bertambah parah.


Ribuan Pengunjung Padati KBS, Arus Lalin MacetFoto: Amir Baihaqi

Kepala Humas PDTS KBS Wini Hustiani mengatakan peningkatan volume kendaraan di depan KBS sudah dimulai sejak 4 hari yang lalu. Sebab, liburan Natal dan Tahun Baru kali ini lebih panjang dan terus bergulir.

"Ini masih bergulir karena memang untuk Natal dan tahun baru ini liburannya 16 hari. Jadi mulai tanggal 21 sampai dengan 5 Januari 2020. Jadi ini bergulir," ujar Wini.

"Jadi sudah mulai tanggal 21 liburan. Nah ini hari keempat masih bergulir dan tambah ramai di jam-jam siang ini," tambah Wini.

Dari catatan pihaknya, lanjut Wini, untuk pengunjung KBS saja pada hari ketiga sudah mencapai 11.638 pengunjung. Kenaikan itu masih bertembah lagi pada puncaknya pada besok sampai Tahun Baru.


"Kemarin saja pengunjungnya sudah mencapai 11.638 pengunjung. Karena liburan ini lebih panjang dan berbeda dengan tahun lalu," terang Wini.

Sedangkan untuk antisipasi kenaikan volume kendaraan dan pengunjung, pihak KBS mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Hal itu dilakukan agar pengunjung dan pengguna kendaraan yang melintas lebih nyaman dan aman terutama saat Natal dan Tahun Baru.

"Kami sudah berkoordinasi dengan instasi terkait ada polsek, polres, Dishub, Pol PP dan Linmas. Dan itu akan kita tambahkan pas Natal dan Tahun Barunya pengamanan dan kenyaman pengunjung dan pengguna kendaraan," tandasnya.



Tonton video Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)