Seekor Kobra Ditemukan di Bawah Tumpukan Kardus Sebuah Ruko di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 23 Des 2019 21:17 WIB
Petugas PMK menangkap ular kobra yang dilaporkan warga (Foto: Istimewa)
Jember - Seekor ular King Kobra ditemukan di sebuah ruko di Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari. Saat ditemukan, kobra berukuran 2 meter itu berada di bawah tumpukan kardus.

Salah satu petugas Damkar Jember, Rahmad mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga bahwa ada ular di dalam Ruko sekitar pukul 10.15 WIB. Pertama kali diketahui oleh karyawan ruko.

"Karyawan itu sedang menyapu. Kemudian dia menemukan seekor ular jenis King Cobra indukan, berada di bawah tumpukan kardus di dalam Ruko itu," ungkap Rahmad, yang ikut menangkap ular tersebut, Senin (23/12/2019).


Benar saja, saat petugas Damkar datang ke lokasi, ular King Cobra sepanjang 2 meter itu ditemukan di bawah tumpukan kardus. Selanjutnya, petugas menangkap ular itu dengan alat seadanya.

"Kita pakai kayu dan bekas karung beras. Karena kita sendiri memang minim peralatan untuk menghadapi ular maupun jenis binatang melata lainnya," ungkap Rahmad.

Setelah ditangkap, kepala ular yang terkenal dengan bisa racunnya yang mematikan itu dilakban. Sebelum meninggalkan lokasi, petugas masih melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada ular lainnya di lokasi tersebut.


"Kita periksa tempat-tempat yang dimungkinkan jadi persembunyian ular di lokasi tersebut. Tapi setelah kita sisir tidak ada," ungkapnya.

Ular itu selanjutnya dibawa ke kantor Damkar di Jalan Danau Toba, Sumbersari.

"Untuk selanjutnya, ular ini kita serahkan ke BKSDA Jember," kata Rahmad. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor kepada pihaknya jika melihat ular kobra. Mengingat akhir-akhir ini fenomena kemunculan ular kobra di Jember cukup sering. (iwd/iwd)