Bea Cukai Juanda akan Lelang Permata Sitaan Senilai Rp 1,5 Miliar

Suparno - detikNews
Senin, 23 Des 2019 15:57 WIB
Bea Cukai Juanda memamerkan gemstone yang disita dari penumpang pesawat/Foto: Suparno
Sidoarjo - Sebanyak 24 bungkus permata yang disita dari penumpang pesawat akan dilelang Bea Cukai Juanda. Nilai permata itu ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

Batu permata sitaan tersebut terdiri dari gemstone emerald, berlian dan berlian hitam. Proses lelang akan dilakukan Bea Cukai lewat perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo, PT Balai Lelang Artha serta KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda. Lelang akan digelar pada Jumat (27/12/2019).

Sedangkan penawaran lelang dilaksanakan secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang, yakni melalui E-Auction. Peserta lelang dapat berupa perseorangan atau badan usaha. Calon peserta lelang harus mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada E-Auction.


Menurut Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda, Budi Harjanto mengatakan, lelang itu membuktikan bahwa Bea Cukai Juanda tetap konsisten dalam menjalankan tugas. Di samping sebagai community protector, juga sebagai revenue collector. Selain itu juga menangkal barang-barang impor secara ilegal.

"Sebanyak 24 bungkus barang gemstone berupa emerald, berlian dan berlian Hitam ini milik salah satu penumpang pesawat rute India ke Juanda Surabaya. Dia berinisial Mr MMS warga negara India," kata Budi kepada wartawan di kantornya, Senin (23/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2