Wagub Emil Dardak Sebut Pasar Pon Trenggalek yang Terbakar akan Dibangun

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 23 Des 2019 07:29 WIB
Wagub Emil kunjungi Pasar Pon Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur memastikan pembangunan Pasar Pon Trenggalek ludes terbakar akan segera dimulai. Saat ini Kementerian PUPR telah menetapkan pemenang lelang dari pagu anggaran Rp 83 miliar.

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat bertemu pedagang di Pasar Pon meminta masyarakat tidak perlu risau. Sebab kabar kepastian pembangunan itu telah ia dapatkan langsung dari Kepala Balai Cipta Karya.

"Karena kabarnya pedagang resah, ini jadi apa enggak dibangun. Mereka kan tidak melihat progress fisiknya, karena kenyataannya Kementerian PUPR fokus kepada perencanaan dan pelelangan," kata Emil Dardak usai bertemu pedagang, Senin (23/12/2019).

Pascapenetapan pemenang lelang, rencananya pada akhir Desember ini ditargetkan akan dilakukan penandatanganan kontrak antara pelaksana pekerjaan dengan kementerian terkait.

Dengan penandatanganan tersebut diharapkan tahap pembangunan akan segera dilaksanakan. Sehingga harapan pedagang san masyarakat untuk memiliki Pasar Pon kembali segera terwujud.


"Untuk Pasar Pon ini justru relatif lebih cepat, sedangkan untuk Lasar Songgolangit Ponorogo masih sedikit di belakang Trenggalek, tapi mudah-mudahan juga cepat terlaksana," ujarnya.

Terkait pembangunan sejumlah pasar di Jawa Timur, pemprov akan terus menjalin komunikasi dengan kementerian terkait. Sehingga proses pembangunan bisa dilaksanakan tepat waktu dan tidak sampai terhambat.

"Kami terus koordinasi dengan pusat. Bukan hanya administasi tapi juga jembatan untuk menyukseskan program-program pemerintah," imbuh Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini menyebut, secara desain pembangunan Pasar Pon tidak ada perubahan yang signifikan. Desain gedung menerapkan sistem mezzanine floor, sehingga sirkulasi udara di dalam dalam pasar terjaga dengan baik.

Sementara dari data Layanan Pengadaan Lelang Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum, lelang pembangunan Pasar Pon Trenggalek dimenangkan PT. Himindo Citra Mandiri Jakarta dengan penawaran Rp 69,3 miliar dari pagu anggaran Rp 83 miliar.


Simak Video "Momen Warga Trenggalek Lepas Emil Dardak"

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)